Berita Ekonomi PT Antam,Tbk Melepas Saham Dairi Prima

Berita Ekonomi PT Antam,Tbk Melepas Saham Dairi Prima

Berita Ekonomi PT Antam,Tbk Melepas Saham Dairi Prima

Berita Ekonomi PT Antam,Tbk Melepas Saham Dairi Prima). PT Antam Tbk, (ANTM), perusahaan pertambangan mineral, mengungkapkan alasan perusahaan menjual 20% sahamnya di PT Dairi Prima Mineral (DPM) senilai US $ 57 juta.

Berita Ekonomi PT Antam,Tbk Melepas Saham Dairi Prima. Direktur Keuangan ANTM Dimas Wikan Pramudhito mengatakan pada akhir 2017 perusahaan tersebut menjual 20% sahamnya di DPM senilai US $ 57 juta.

Aksi korporasi merupakan strategi bagi ANTM untuk fokus pada pengembangan bisnis inti dan memperkuat corporate finance.

“Perusahaan melakukan divestasi pada perusahaan patungan yang bergerak di bidang komoditas non inti untuk memberikan hasil positif bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan”.

DPM sendiri merupakan perusahaan pertambangan dengan komoditas inti seng dan timbal. Komoditas logam berbeda dengan fokus ANTM, seperti emas, nikel, dan bauksit.

Menurut Dimas, saat ini ANTM sedang mengerjakan Proyek Pengembangan Tanaman Halon Feronickel (P3FH) dengan kapasitas 13.500 ton nikel di feronikel (TNi). Fase komisioning diharapkan dimulai pada awal 2019.

Perusahaan juga fokus mengembangkan pabrik Selter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat, bersama dengan perusahaan induknya, PT Inalum (Persero).

Berdasarkan situs PT Dairi Prima Mineral, perusahaan ini sedang mengerjakan proyek penambangan seng di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Proyek ini dimiliki oleh PT Bumi Resouces Minerals Tbk. dengan porsi 80% dan PT Aneka Tambang Tbk. sebesar 20%.

Dengan selesainya transaksi pada akhir 2017, PT Dairi Prima Mineral 100% dimiliki oleh PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS).